Selamat datang di Blog Life - Cah Jateng | Berbagi Ilmu Pengetahuan Alam, Cerita dan Coretan | Silakan tinggalkan jejak Anda di Buku Tamu | Jangan lupa follow blog Cah Jateng di Pembaca | Gunakan Cari atau Kategori untuk memudahkan Anda dalam pencarian artikel yang dibutuhkan | Terima Kasih atas kunjungannya | Semoga artikel dari Cah Jateng bermanfaat

Sabtu, 09 Juli 2011

Pengaruh Kebiasaan Merokok Terhadap Paru-Paru

Sebelum membahas mengenai pengaruh kebiasaan merokok terhadap paru-paru, mari kita kenali terlebih dahulu mengenai rokok itu, hehehe..

Merokok dapat menyebabkan perubahan struktur dan fungsi saluran pernafasan dan jaringan paru-paru. Pada saluran pernafasan besar, sel mukosa membesar (hipertrofi) dan kelenjar mukus bertambah banyak (hiperplasia). Pada saluran pernafasan kecil, terjadi radang ringan hingga penyempitan akibat bertambahnya sel dan penumpukan lendir. Pada jaringan paru-paru, terjadi peningkatan jumlah sel radang dan kerusakan alveolus.

Akibat perubahan anatomi saluran pernafasan, pada perokok akan timbul perubahan fungsi paru-paru dengan segala macam gejala klinisnya. Hal tersebut menjadi penyebab utama terjadinya Penyakit Obstruksi Paru Menahun (POPM). Merokok merupakan penyebab utama timbulnya POPM, antara lain emfisema (pembengkaan) paru-paru, bronkitis kronis dan asma.

Selain itu, merokok dapat menimbulkan kanker paru-paru. Hubungan antara merokok dan kanker paru-paru dalam 4-5 dekade didapatkan hubungan erat antara kebiasaan merokok. terutama sigaret.

Partikel asap rokok, seperti benzopiren, dibenzopiren dan uretan merupakan bahan karsinogenik (penyebab kanker). Tar berhubungan resiko terjadinya kanker. Kemungkinan timbul kanker paru-paru pada perokok mencapai 10-30 kali lipat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 
~ Life - Cah Jateng - Designed by Miss Rinda - Layout by My Blog Make Over ~